Biografi Kim Jeffry Kurniawan

Biografi Biodata profile Kim Jeffrey Kurniawan, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Kim Jeffrey Kurniawan dilahirkan di Muhlacker, sebuah kota kecil di Jerman, 20 tahun silam. Namanya mulai banyak diperbincangkan setelah PSSI memulai rencana program naturalisasi. Kim merupakan putra dari pasangan Uschi Kurniawan dan Petrus Kurniawan. Ibu Kim berkebangsaan Jerman, sementara ayahnya merupakan blasteran Bandung-Kudus. Kim memiliki seorang kakak perempuan yang mungkin sudah tidak asing lagi namanya di Indonesia saat ini, yakni Jennifer Jasmine Kurniawan, kekasih dari Irfan Bachdim.
Kim menimba ilmu sepakbolanya sejak usia dini, yakni 5 tahun di klub Karlsruher SC, sebuah klub junior yang cukup elit di Jerman.Ia membela klub tersebut cukup lama, hingga beranjak remaja. Bahkan dua tahun terakhir tingkat remaja, ia bermain di level remaja Bundesliga, melawan tim remaja lainnya seperti Bayern Munich, VFB Stuttgart, Mainz 05, Eintracht Frankfurt, 1899 Hoffenheim, SC Freiburg, dan lain-lain.
Karir Kim di Bundesliga Jerman nampaknya akan bersinar terang, kalau saja ia tidak didera cedera parah. Pada saat remaja, Kim mengalami  cedera parah. Tulang rawannya sobek sehingga diperlukan operasi besar. untuk memulihkannya, Kia terpaksa istirahat selama enam bulan tanpa sepakbola.
Akhirnya setelah masa-masa berat itu, Kim berlabuh ke sebuah klub yang berkompetisi di Verbandsliga Nordbaden Jerman (satu level di bawah divisi 3 Bundesliga). Tidak seperti Bachdim yang memegang paspor Indonesia sejak usia 17 tahun, Kim memilih untuk memegang paspor Jerman. Hal ini dapat dimaklumi karena nama negara ‘Indonesia’ di Jerman tidak selazim di Belanda.
Namun, setelah mengetahui animo sepakbola Indonesia, Kim akhirnya tertarik dan memutuskan untuk pindah kewarganegaraan. Hal inilah yang menghambat langkah Kim untuk masuk ke tim nasional Indonesia, karena birokrasi perpindahan kewarganegaraan di Indonesia cukup berliku dan sulit. Kim pun harus rela melepas kewarganegaraan lamanya dan pindah permanen ke Indonesia.
Namun hal tersebut tidak menjadi masalah bagi pemain bertinggi badan 167 cm ini. Keinginannya untuk membela tim nasional Indonesia semakin membara ketika mengetahui bahwa kakeknya, Kwee Hong Sing, adalah mantan pemain andalan tim nasional Indonesia pada era 50 an.
kim-irfan
Kim bersama Irfan dalam laga amal, Juli lalu
Kim pernah bahu membahu bersama Irfan Bachdim dalam laga amal antar pemain keturunan pada pertengahan tahun ini. Dirinya pun hampir saja memperkuat klub Persema Malang bersama Bachdim, namun batal karena terbentur masalah kewarganegaraan. Kim pun menderita cedera pada saat berlatih bersama Persema. Cedera tersebut cukup parah sehingga membuatnya harus kembali ke Jerman dan mendapatkan perawatan.
Namun impian Kim agaknya akan menjadi kenyataan juga. Proses untuk menjadikan dirinya sebagai WNI sudah disetujui Menkum dan HAM, dan paspor Indonesia yang diidam-idamkannya akan dapat segera rampung dalam waktu dekat. Persema Malang pun sudah menyatakan siap menampung Kim untuk berlaga di Indonesia Super League pada musim 2011 mendatang.
Pada awalnya, kedua orang tua Kim keberatan dengan niat putranya, namun setelah diyakinkan dengan tekad Kim untuk membela Indonesia, mereka luluh juga. Terlebih sebagian besar keluarga ayah Kim masih menetap di Indonesia dan ada kemungkinan besar kakaknya, Jeniffer akan ikut menetap di Indonesia. Maka lengkaplah sudah penyokong bagi Kim untuk pindah ke Indonesia.
Kim adalah seorang playmaker yang memiliki visi luas. Seperti Irfan, ia memiliki kelebihan pada pergerakan tanpa bola dan mengatur tempo permainan. Ia juga dapat bermain sebagai bek sayap. Postur tubuhnya tak jauh beda dengan pemain Argentina kebanggaan  Barcelona, Lionel Messi.
Kita nantikan bersama, apakah Kim dapat tampil prima dan menarik perhatian Alfred Riedl dan memanggilnya membela timnas Indonesia. :)
Profil singkat Kim Jeffrey:
Nama lengkap : Kim Jeffrey Kurniawan
Tempat / Tanggal lahir : Mühlacker, Stuttgart / 23 Maret 1990
Tinggi Badan: 167 cm
Berat Badan: 60 kg
Orang tua : Uschi Kurniawan (Ibu) / Petrus Kurniawan (Ayah)
Saudara : Jennifer Jasmine Kurniawan (kakak)
Karir :
Klub
Karlsruher SC
Heidelsheim FC
Persema Malang (?)

0 komentar:

Bookmark and Share