"Saya tadi melihat halaman resmi AFC, dan sungguh menarik ketika membaca berita tentang beberapa pelatih A-League [sebutan divisi teratas Australia] berencana datang ke stadion nanti malam untuk memantau pemain-pemain Indonesia.

Saat ini, terdapat kemungkinan beberapa pemain Indonesia direkrut oleh pelatih-pelatih Australia menjelang A-League musim depan.

Padahal menurut saya, mereka cukup menelepon seseorang yang pernah bekerja di
Indonesia selama tiga tahun lebih dan kini bermukim di Australia. Selain percakapan singkat dengan Dave Mitchell [pelatih Perth Glory], belum ada kontak dengan pelatih lainnya.

Indonesia memiliki talenta yang cukup kuat untuk bermain di A-League. Mungkin
saja beberapa pemain sudah saatnya berkompetisi di sini, supaya mereka
juga mampu beradaptasi cepat ke dalam tim dan lingkungan baru.


Saya memperkenalkan seorang Boaz Solossa ketika dia masih berusia 17 tahun,
dan menurut saya dia cocok di A-League, meskipun dia rawan cedera. Dan
masih ada Bambang 'Bam Bam' Pamungkas, yang pernah merumput di Malaysia
dan mempunyai rekor torehan gol yang bagus.

Dalam pertandingan ini, para pemain Australia tidak boleh meremehkan Indonesia. Kalau bisa
begitu, saya pikir Australia bisa menang dengan selisih gol yang memuaskan.

Tapi Indonesia tanpa beban, jadi mereka bisa lebih rileks dalam laga ini dan tidak ada tekanan karena mereka diperkirakan bakal kalah. Mereka punya beberapa pemain yang sangat bagus dan bisa membahayakan gawang Australia. Hanya saja menurut saya, mereka tidak cukup kuat secara fisik.

Penyerang-penyerang jangkung seperti Josh Kennedy akan menyulitkan lini belakang Indonesia. Mereka memang mempunyai beberapa pemain Afrika di Superliga dengan tinggi dan berat badan yang sama, tapi mereka akan sulit untuk menghentikan pemain depan Australia.

Apabila saya masih melatih Indonesia, saya akan memberi instruksi kepada pemain untuk menghentikan umpan-umpan silang ke kotak penalti. Kalau bisa dihentikan, penjaga gawang akan mudah mengatasi serangan lawan di dalam kotak terlarang.

Kalau pemain-pemain Indonesia bisa memposisikan diri dengan baik, mereka bisa
menembus wilayah pertahanan Australia, tapi hal itu tidak akan mudah.

Mengenai pertandingan Thailand di kandang Iran, tugas Thailand juga sulit, tapi
mereka harus menang. Iran sudah lolos jadi mungkin saja mereka menurunkan tim lapis kedua dan sepertinya akan begitu. Thailand memiliki peluang kuat melawan tim lapis kedua Iran. Selain itu, saya pikir Yordania akan mengalahkan Singapura untuk lolos ke putaran final
Piala Asia."

0 komentar:

Bookmark and Share